Tips dan Trik CPNS dan PPPK Lolos Passing Grade SKD, Hindari 4 Kesalahan Fatal Ini!



Ujian SKD bagi CPNS sudah berjalan lebih dari sepekan, dan sebentar lagi seleksi kompetensi bagi PPPK guru dan non-guru.

Pelaksanaan SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK dijadwalkan berlangsung sampai pertengahan Oktober 2021.

Pelamar CPNS yang ikut SKD di instansi pilihannya sudah bisa melihat hasil atau nilai akhir, sedangkan PPPK belum terlihat karena pelaksanaan seleksi kompetensi masih dalam penjadwalan.

Baca Juga: Contoh Soal TWK CPNS 2021: Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, Bahasa Indonesia

Bagi pelamar CPNS yang sudah ikut SKD dan berhasil meraih nilai di atas ambang batas, tentu sudah bisa duduk tenang menunggu pengumuman.

Sedangkan bagi CPNS yang masih menunggu jadwal SKD, termasuk PPPK untuk agenda seleksi kompetensi, penting mengetahui tips serta menyusun strategi sebelum berkompetisi di medan ujian.

Berikut 4 kesalahan fatal yang kerap dilakukan pelamar CPNS peserta SKD atau PPPK sewaktu ikut ujian seleksi kompetensi:

1. Terjebak di soal yang sulit

Terlalu fokus mengerjakan soal SKD yang sulit, hal ini justru membuat peserta kehabisan waktu, padahal tanpa disadari peserta sudah membuang banyak waktu dalam mengerjakan soal tersebut.

Pada saat mengerjakan soal-soal lain, peserta kehabisan waktu, dan mungkin tidak bisa dikerjakan karena waktunya sudah keburu habis.

2. Terlalu fokus pada satu bagian soal

Seperti kita ketahui bersama, materi soal SKD itu terdiri aatas tiga bagian: TWK, TIU, dan TKP yang tiap-tiap bagiannya memiliki ambang batas nilai.

Jika kamu terlalu fokus ke salah stu bagian soal, kamu berpotensi mendapatkan nilai yang tinggi di satu bagian, namun mendapatkan nilai rendah di bagian soal lain.

Jika hal tersebut sampai terjadi, dapat dipastikan peserta akan gagal secara otomatis.

Baca Juga: Guru Honorer Yang Tidak Lolos Tes Bisa 3 Kali Ikut Seleksi PPPK Guru 2021, Begitu Kata Nadiem

3. Tidak memiliki strategi matang

Penting diketahui bahwa ujian SKD terdiri dari 110 butir soal dengan alokasi waktu yang tersedia untuk mengerjakannya hanya 110 menit.

Artinya, waktu untuk mengerjakan satu soal tidak sampai 1 menit!

Di sini dibutuhkan strategi yang matang untuk bisa berhasil menjawab semua soal, sebelum waktunya habis, seperti bagian soal mana dulu yang dikerjakan.

4. Tidak punya persiapan maatang

Untuk bisa menjawb soal-soal SKD yang materinya luar biasa banyak, dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang.

Bila pelamar CPNS tidak punya persiapan matang untuk ikut SKD, tentu tidak perlu menggantung harapan tinggi akan lolos ke tahap berikut.

Berikut solusi dan strategi nyata bagi pelamar CPNS dan PPPK Tahun 2021, berdasarkan pengalaman dari peserta yang sudah lolos passing grade SKD:

1. TKP dikerjakan di awal

* Usahakan kerjakan soal-soal TKP di awal, karena materi soal TKP tidak butuh hafalan dan hitungan, maka langsung lompat ke nomor 66 untuk mengerjakan soal TKP.

* Kerjakan soal TKP sampai tuntas dalam waktu 37 menit, bila lebih dari itu maka kamu harus pindah ke TWK dan TIU, jadinya kamu masih punya waktu 63 menit.

* Fokus pada inti soal, karena kalimat soal TKP panjang dan banyak menggunakan kalimat yang tidak efektif, sehingga upayakan jangan membaca soal lebih dari 1 kali.

* Pilih jawaban dengan kemungkinan terbaik, meski itu tidak mencerminkan kepribadian anda, perlu diperhatikan jangan sampai ada jawaban yang kosong, karena setiap jawaban bernilai antara 1 sampai 5.

Baca Juga: Download Kumpulan Soal TWK, TIU dan TKP Untuk SKD PPPK dan CPNS 2021 Gratis..!

2. Kerjakan soal TWK

* Selesaikan materi soal tes TWK dalam waktu 25 menit, kalau lebih dari itu kamu harus pindah ke TIU, jadi sisa waktumu masih 38 menit.

3. Kerjakan soal TIU

* Kamu memiliki sisa waktu 38 menit untuk mengerjakan soal TIU, targetkan pengerjaannya dalam waktu 28,7 menit.

* Sebagai catatan, jika ada jawaban yang meragukan, tandai jawaban tersebut di kertas, tapi tetap diisi jawaban pada layar monitor.

* Hal ini agar kamu bisa merevisi kembali jawaban di akhir.

Segala tips dan strategi yang sudah dijabarkan tersebut, tidak akan berguna bila tidak didukung dengan persiapan yang maksimal.

Maka dari itu, bila sudah siap menjadi ASN, persiapkanlah berbagai strategi dan senjata tempur saat tiba di titik lokasi (tilok) SKD CPNS 2021.

Semoga bermanfaat dan selamat bertempur, pejuang NIP!

Baca Juga : Lihat Besaran Gaji Guru Honorer yang Diangkat Jadi PPPK, Ayo Masih Ada Kesempatan Di Tahap Berikutnya

Selanjutnya : Cara Cetak Sertifikat SKD, dan Ketahui Keasliannya di Sini

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik CPNS dan PPPK Lolos Passing Grade SKD, Hindari 4 Kesalahan Fatal Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel