Formasi PPPK Guru Tabanan Masih Tersisa 1.034 Orang, Terbanyak di Mapel TIK, Penjaskes dan BK


Sebanyak 1.034 formasi PPPK Guru masih tersedia dalam seleksi atau rekrutmen PPPK Guru tahun 2021 tahap II.


Seluruh pelamar yang sebelumnya tak lulus di tahap I akan menjalani seleksi kompetensi pada rentang waktu 6-10 Desember 2021 mendatang.


Selain itu, Dinas Pendidikan menyiapkan Layanan Informasi khusus untuk PPPK.


Layanan ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara petugas dengan para guru terkait segala hal seperti administrasi dan juga hal yang berkaitan dengan rekrutmen tersebut.


Terpenting adalah untuk menampung segala aspirasi atau keluhan yang disampaikan agar memiliki wadah khusus dan memperoleh solusi.


Baca juga: DPRD Tabanan Pertanyakan Kesiapan Anggaran Gaji PPPK, Pemkab Siapkan Rp 30 Miliar


Baca juga: Nasip Honorer Diterpa Banyak Masalah dan Tak Kunjung Lulus Tes PPPK, Guru Honorer Tewas Bunuh Diri


Baca juga: Soal Latihan Simulasi CAT CPNS dan P3K Ofline , Dan Mari Download 7 Aplikasinya Gratis


Ini akan membantu para peserta memecahkan persoalan mengenai proses administrasi dan semua hal yang berkait terkait rekrutmen PPPK 2021


Menurut data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Tabanan, pada tahap I ada beberapa formasi yang justru masih banyak belum terisi.


Diantaranya, guru Mata Pelajaran (Mapel) Penjaskes di jenjang SD dan SMP karena jumlah yang tidak lulus banyak.


Kemudian, mapel TIK disebabkan karena lulusan yang memang sedikit di sekolah.


Terakhir adalah Mata Pelajaran Bimbingan Konseling (BK) karena memang lulusan yang sedikit.


Kondisi ini justru berbanding terbalik dengan formasi Mapel Agama Hindu. Jumlah formasi yang sedikit justru pelamar yang sangat banyak mengingat dalam satu sekolah hanya memerlukan satu orang. 


Kemudian untuk tahap selanjutnya adalah pengumuman peserta pada 2 Desember 2021 mendatang.


 Baca juga: BERUBAH, Ini Jadwal Terbaru Pelaksanaan PPPK Nonguru 2021


 Baca juga: Daftar Dokumen yang Harus Diunggah Peserta Lolos PPPK Guru 2021


Kemudian peserta akan mencetak kartu pesertanya dan selanjutnya pelaksanaan tes atau seleksi pada rentang waktu 6-10 Desember.


Kabupaten Tabanan masih menunggu jadwal pasti mengenai pelaksananya yang jelas akan dilaksanakan di dua sekolah yang memenuhi yakni SMAN 1 Tabanan dan juga SMKN 1 Tabanan.


Selanjutnya untuk pengumumannya dilaksanakan pada 30 Desember mendatang.


Selanjutnya, mengenai syarat pendaftaran adalah semua pelamar yang suday mendaftar di seleksi PPPK Guru 2021 ini.


Pelamar (Guru) yang tidak lolos di tahap pertama, guru swasta yang masuk dalam Dapodik, kemudian Guru Umum yang tidak masuk Dapodik namun memiliki Sertifikat Pendidik (Serdik).


"Untuk pelaksanaan rekrutmen atau seleksi PPPK Guru tahap II saat ini sudah pada tahap pemilihan formasi oleh pelamar. Kami harapkan semua pelamar sudah mencari formasinyang sesuai dan juga mendaftar di formasi yang peluang lulusnya lebih besar," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Tabanan, I Gusti Putu Ngurah Darma Utama saat dikonfirmaai, Rabu 24 November 2021. 


Dia melanjutkan, selama ini atau pada tahap I yang lalu kendala yang dihadapi sehingga banyak pelamar tak lulus lantaran pelamar mendaftarkan diri di wilayah kota saja.


Sedangkan, di daerah lain yang cukup jauh seperti Kecamatan Pupuan sedikit.


Baca juga: Diumumkan Hari Ini, Begini Cara Cek Hasil SKD CPNS dan PPPK Non Guru 2021


Baca juga: Kuota PPPK Guru 2021 Tabanan Sebanyak 1.035 Formasi, Guru Diminta Lirik Sekolah Sepi Pemalar


"Mungkin salah satunya karena faktor jarak. Kemudian pelamar yang lulus di sekolah tersebut tak boleh pindah jika belum mengajar selama kurang lebih 5 tahun. Tapi kami tekankan lagi agar para pelamar melihat peluang yang lebih besar untuk lulus," jelasnya.


Mantan Kadis Perhubungan Tabanan ini mengharapkan agar semua peserta yang mengikuti seleksi tahap II ini semua lulus.


Sehingga, dengan kelulusn tersebut akan mencukupi kekurangan guru yang terjadi di tahun 2023 mendatang. Setelah itu baru akan dilakukan pemerataan guru. 


"Jadi kami harapkan semua pelamar bisa lulus. Karena pada tahap II ini masih bersifat kewilayahan artinya pelamar yang bisa mengikuti seleksi adalah memang yang bertugas atau berasal dari Kabupaten Tabanan. Kemudian pada tahap III, baru pelamarnya boleh diikuti seluruh Indonesia," jelasnya. 


Disdik Tabanan Siapkan Layanan Pengaduan Khusus


Dinas Pendidikan menyiapkan Layanan Informasi khusus untuk PPPK. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara petugas dengan para guru terkait segala hal seperti administrasi dan juga hal yang berkaitan dengan rekrutmen tersebut.


Terpenting adalah untuk menampung segala aspirasi atau keluhan yang disampaikan agar memiliki wadah khusus dan memperoleh solusi.


Kepala Dinas Pendidikan Tabanan, I Gusti Putu Ngurah Darma Utama menjelaskan, Layanan Pengaduan khusus untuk rekrutmen PPPK 2021 ini disediakan secara online dan juga offline.


Jika sebelumnya memang masih belum disediakan sehingga banyak informasi simpang siur yang terjadi.


Baca juga: Kuota PPPK Guru 2021 Tabanan Sebanyak 1.035 Formasi, Guru Diminta Lirik Sekolah Sepi Pemalar


Baca juga: Ini Daftar 166 Instansi yang Umumkan SKD CPNS dan PPPK Nonguru Tahap 1 pada Tahun 2021


"Sebelumnya memang belum ada. Cuman adanya layanan pengaduan ini kami harapkan bisa membantu para pelamar yang masih kesulitan dalam proses rekrutmen terutama administrasinnya. Selama ini, yang banyak sih terkait tidak bisa mencari formasi salah satunya formasi Bahasa Inggris," jelasnya. 


Hal ini, kata dia, layanan pengaduan khusus ini disediakan melihat pada masalah sebelumnya yang kerap terjadi miskomunikasi sehingga membuat para guru atau pelamar merasa dirugikan. 


"Jadi kita siapkan petugas khusus dan sudah menyiapkan dua operator untuk pengaduan yang dilakukan secara online. Untuk online bisa menghubungi di nomor WhatsApp 087899662292 atau mengirim email ke bidangketenagaandisdiktabanan@gmail.com. Kemudian jika offline bisa datang ke Disdik langsung berkoordinasi dengan petugas di Bidang Tenaga Kependidikan (Tendik)," tandasnya.

Selanjutnya : Segera Siapkan Pemberkasan NIP Guru PPPK Tahap I 2021 Karena NIP Sudah Mulai Pemberkasan

Belum ada Komentar untuk "Formasi PPPK Guru Tabanan Masih Tersisa 1.034 Orang, Terbanyak di Mapel TIK, Penjaskes dan BK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel