SKB CPNS 2021: Jadwal Seleksi, Tips Lolos PPPK CPNS dan Kisi-kisi Terlengkap



Inilah rangkuman informasi seputar Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS 2021 mulai dari jadwal seleksi, tips agar lolos hingga kisi-kisi soalnya yang disusun Suara.com.

Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tahap 1 telah diumumkan pada 29-30 Oktober 2021. Selanjutnya, hasil SKD tahap II akan dilaksanakan pada 13-14 November 2021. Lalu kapan jadwal SKB CPNS 2021 dimulai?

Nantinya, para peserta yang lolos SKD akan mengikuti tes berikutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Bagi Anda yang lolos SKD berikut ini jadwal seleksi, tips, dan kisi-kisi SKB CPNS 2021.

Jadwal SKB CPNS 2021

Baca Juga:Cara Cek Lokasi Ujian PPPK Guru Honor 2021, Berikut Linknya dan Cara Mencetak Kartu Ujian

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis jadwal seleksi SKB CPNS 2021 setelah pengumuman hasil SKD disampaikan. Jadwal SKB CPNS 2021 akan berlangsung pada 15-28 November 2021.

Hasil akhir penerimaan CPNS 2021 merupakan akumulasi dari nilai SKD dan SKB dengan bobot masing-masing 40% dan 60%. Pengumuman hasil integrasi dijadwalkan pada 9-10 Desember 2021.

Selanjutnya, para peserta yang dinyatakan lolos harus melengkapi dokumen pada 30 Desember 2021-17 Januari 2022. Sementara itu, penetapan NIP atau NIPPPK akan berlangsung pada Januari 2022.

Tips Lolos SKB CPNS 2021

Berikut ini sejumlah tips dan trik yang bisa dilakukan agar lolos SKB CPNS 2021 versi Suara.com.

Baca Juga:Honorer Siap-Siap! Pendaftaran PPPK Guru Tahap II Dibuka Pekan Ketiga November 2021

1. Kenali dan pelajari jenis ujian

Sebelum melakukan ujian SKB ada baiknya untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis ujian SKB. Menurut Kemenpan RB Nomor 36, 2018, dijelaskan bahwa tes SKB terdiri dari 8 jenis tes dalam pemilihan kompetisi lapangan, seperti tes berbantuan komputer (CAT), bukti kemungkinan akademisi, tes praktik kerja, pengujian bahasa asing, tes fisik, tes psikologis, tes kesehatan mental dan wawancara.

2. Pahami posisi jabatan

Tips lolos SKB CPNS 2021 berikutnya ialah memahami posisi jabatan yang diterapkan. Secara umum, pelatihan atau posisi CPNS dibagi menjadi dua yakni posisi fungsional tertentu (JFT) dan posisi implementasi (JP).

Jadi, pastikan Anda mengetahui tentang posisi jabatan tersebut sehingga paham apakah Anda termasuk JFT atau JP. Mereka yang masuk posisi JP misalnya adalah pejabat teknologi komputer, dinas kebakaran, serta hubungan masyarakat dan analis protokol. Sementara JFT adalah teknisi penerbangan, dokter dan guru.

Baca Juga:Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 dan PPPK Tahap I, Dan Peserta Yang Akan Lanjut Ke Tahap SKB

3. Jangan terlambat dan datang sesuai jadwal

Pastikan untuk datang tepat waktu, tidak terlambat, dan sesuai lokasi yang ditentukan. Agar tidak terburu-buru, sebaiknya datang 60 menit sebelum ujian ddimulai. Sebab, sebelum dimulai biasanya petugas membutuhkan waktu untuk pemeriksaan dokumen, pengaturan tempat duduk peserta dan memastikan sistem CAT berjalan normal.

Kisi-kisi SKB CPNS 2021

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, materi tes SKB CPNS 2021 sesuai dengan Permenpan RB No 27 Th. 2021. Berikut kisi-kisinya:

  • Psikotes;
  • Tes potensi akademik;
  • Tes kemampuan bahasa asing;
  • Tes kesehatan jiwa;
  • Tes kesegaran jasmani/tes
  • Kesamaptaan; tes praktek kerja;
  • Uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi;
  • Wawancara; dan/atau tes lain sesuai persyaratan Jabatan

Sekian penjelasan tentang seputar SKB CPNS 2021 mulai dari jadwal seleksi, tips agar lolos hingga kisi-kisi soalnya.

Baca Juga:Latihan Soal CPNS 2021 TIU, TWK, TKP & Pembahasan Lengkap dan Terbaru

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Belum ada Komentar untuk "SKB CPNS 2021: Jadwal Seleksi, Tips Lolos PPPK CPNS dan Kisi-kisi Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel