Kabar Gembira dari KemenPAN-RB, Pelaksanaan Seleksi PPPK dan CPNS Segera Dibuka, Ini Waktu Pelaksanaannya



Kabar Gembira dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Pasalnya, di tahun 2022 ini akan kembali membuka Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Namun saja, Seleksi CASN Tahun 2022 hanya dilakukan melalui formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: Benarkah Kabar Pengangkatan Guru Honorer jadi PPPK? Ini Kata KemenPAN-RB

“Untuk Seleksi CASN Tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun 2022 ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, dikutip dari laman Kemenpan-RB, Rabu, 19 Desember 2022.

Tjahjo mengemukakan bahwa kebijakan untuk merekrut PPPK ini, lantaran pemerintah berkaca dari kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju.

Baca Juga: Benarkah Minyak Goreng Satu Harga hanya Berlaku 6 Bulan? Begini Penjelasan Menko Perekonomian Airlangga

Kebijakan tersebut adalah jumlah ASN yang jumlah civil servant atau pembuat kebijakan (PNS) lebih sedikit, dan jumlah government worker/public services (PPPK) lebih banyak.

“Mengacu kepada hal contoh baik tersebut, maka pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” kata Tjahjo.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi PPPK Guru yang Lulus Seleksi, Kini PPPK Guru Bisa Duduki Jabatan Ini

Mantan Menteri Dalam Negeri ini mengatakan bahwa keputusan rekrutmen PPPK pada tahun ini telah tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022. 

Adapun Seleksi CASN tahun 2022 melalui formasi PPPK akan difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Seleksi CASN melalui Formasi CPNS Dialihkan ke Tahun 2023:

Tjahjo juga menyebutkan bahwa pertimbangan lain untuk tidak membuka formasi CPNS pada Seleksi CASN tahun 2022 adalah mengenai keterbatasan waktu. 

Baca Juga: Ada ASN yang Masuk Sebagai Penerima PBI JKN, Dinsos Tidore harap Proaktif Lurah dan Camat

Menurutnya, rangkaian pelaksanaan seleksi CPNS relatif membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan PPPK.

Sehingga, lanjut Tjahjo dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu jika membuka formasi CPNS pada tahun 2022 ini.

"Namun, bukan sepenuhnya formasi CPNS dihilangkan dalam Seleksi CASN Tahun 2022. Formasi CPNS masih tetap dibuka melalui skema sekolah kedinasan. Formasi CPNS juga dapat dibuka kembali secara terbatas pada tahun 2023," katanya.

Baca Juga: Benarkah Predator Seksual, Herry Wirawan Akan Ditembak dengan Jarak 5 Meter Dibagian Jantung? Begini Faktanya

Tjahjo menyebutkan, salah satu kriteria yang sedang dikaji adalah pertimbangan bagi lulusan terbaru (fresh graduate) yang ingin bergabung dan mengabdi pada negara melalui jalur PPPK

Oleh karenanya, kajian tersebut akan mempertimbangkan syarat memiliki pengalaman kerja bagi formasi PPPK.

Tjahjo menambahkan untuk pelaksanaan Seleksi CASN 2022 untuk formasi PPPK menunggu hingga pelaksanaan seleksi CASN tahun 2021 untuk formasi PPPK Guru selesai.

Baca Juga: Sah! Minyak Goreng Satu Harga Mulai Berlaku Hari Ini, Begini Harga Terbaru Minyak Goreng

"Hingga saat ini, belum sepenuhnya Seleksi CASN Tahun 2021 untuk formasi PPPK Guru selesai. Hal ini dikarenakan Seleksi PPPK Guru Tahap 2 baru selesai, dan Tahap 3 akan segera digelar," pungkasnya.

Belum ada Komentar untuk "Kabar Gembira dari KemenPAN-RB, Pelaksanaan Seleksi PPPK dan CPNS Segera Dibuka, Ini Waktu Pelaksanaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel