Penghapusan Honorer, Pemerintah Diminta Konsisten dalam Rekrutmen PPPK Guru



Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) yakin Indonesia bebas dari guru honorer setelah 2023. Hal itu dapat terwujud jika pemerintah konsisten dalam merekrut guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
 
"Bisa, dengan catatan, konsisten juga untuk tidak menempatkan atau memindahkan guru pada sekolah-sekolah yang sebenarnya sudah kelebihan guru. Dan formasi yang disediakan oleh pemerintah dalam rekrutmen PPPK terpenuhi," kata Wasekjen FSGI, Fahriza Tanjung kepada Medcom.id, Kamis 27 Januari 2022.

Baca Juga : 8 Syarat Seleksi PPPK Tahap 3, Kabar Memilih Formasi hingga Pengelolaan Nilai
 
Tapi pihaknya berharap guru honorer yang diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak melalui skema PPPK. Sebab, akan ada ketidakpastian dari sisi hubungan kerja dalam PPPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca: Penghapusan Honorer Disebut Bertentangan dengan Ketersediaan Guru
 
"Karena SK Pengangkatan yang bisa jadi akan ditinjau setiap tahunnya. Jangan sampai proses evaluasi dan peninjauan kembali status PPPK ini dijadikan Pemerintah Daerah untuk mengintimidasi guru dan mengambil keuntungan yang sifatnya materi maupun politik," tutur dia.

Baca Juga : Penasaran Kisi-Kisi Soal PPPK Tahap 3? Simak Materi Resminya Di Sini!

Adapun aturan honorer tak lagi bekerja setelah 2023 itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018. "Terkait tenaga honorer, melalui PP diberikan kesempatan diselesaikan (pekerjaannya) sampai dengan tahun 2023," kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga : Berikut Passing Grade PPPK Guru Tahap 3, Beserta Syarat dan Kriterianya
 
Aturan terkait manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja itu mengatur masa kerja honorer. Pegawai non-PNS instansi pemerintah tetap bekerja paling lama lima tahun sejak aturan itu diteken, atau pada 2023.

Baca Juga : Lowongan CPNS, Daftar CPNS dan Login Ada di Link "https://sscasn.bkn.go.id/ 

Selanjutnya : Kabar Baik! Pemerintah Buka 758 Ribu Formasi Guru PPPK Tahun 2022, 7 Provinsi Ini Paling Banyak Lowongan

Belum ada Komentar untuk "Penghapusan Honorer, Pemerintah Diminta Konsisten dalam Rekrutmen PPPK Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel