Jumlah Guru Swasta yang Lulus PPPK 2021, Honorer Negeri Harap Maklum

Jumlah peserta seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK guru 2021 yang lulus masih didominasi honorer negeri. Guru swasta yang lulus formasi tidak sampai 25 persen.

"Sebenarnya guru swasta yang lulus PPPK guru 2021 sekitar 40 ribu," kata Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam diskusi virtual, Selasa (8/2). 


Dia menyebutkan dari sekitar 300 ribu peserta yang lulus PPPK guru tahap 1 dan 2, sebanyak 40 ribu di antaranya adalah guru swasta. Namun, kelulusan tersebut ternyata berdampak pada dua hal.

Pertama, guru honorer negeri tersingkir dari sekolah induk karena masuknya PPPK Kedua, sekolah swasta kehilangan gurunya karena pindah ke sekolah negeri. "Jadi, ini yang menjadi bahan evaluasi Kemendikbudristek untuk memperbaiki sistemnya agar tidak ada pihak yang dirugikan. Seleksi PPPK guru menggembirakan semuanya," tuturnya


Kemendikbudristek, tambah Nunuk, sangat welcome dengan berbagai masukan dari berbagai pihak untuk perbaikan sistem rekrutmen PPPK 2022.

Selain persyaratan itu, tambah Nunuk, BMPS juga mengajukan judicial review terhadap UU Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Mahkamah Konstitusi.

Syarat Pendaftaran PPPK untuk Guru

Berikut ini adalah persyaratan yang perlu kamu penuhi bila ingin mendaftar PPPK untuk guru di tahun ini, pastikan kamu membaca dengan cermat semua persyaratan agar tidak ada yang terlewat, ya!

Baca Juga :
1. Pendaftar seleksi PPPK 2021 adalah guru dengan maksimal usia 59 tahun (per tanggal 1 April).
2. Pendidikan terakhir guru yang mendaftar seleksi PPPK 2021 adalah Strata 1 (S1) atau Diploma IV (D4) dengan program studi (prodi) atau jurusan yang relevan sesuai mata pelajaran yang diajarkan dalam kurikulum.
3. Pendaftar seleksi PPPK 2021 diwajibkan untuk menandatangani Surat Pernyataan kesediaan untuk ditempatkan di Sekolah Negeri Kabupaten, Sekolah Negeri Kota, atau Sekolah Negeri Provinsi sesuai lokasi tempat mengajar dan berdasarkan kebutuhan guru pada tahun 2021.
4. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK di tahun sebelumnya).
5. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 
6. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Belum ada Komentar untuk "Jumlah Guru Swasta yang Lulus PPPK 2021, Honorer Negeri Harap Maklum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel