Fakta Penghapusan Honorer Di Tahun 2023, Ingat Honorer Masih Bisa Jadi PNS, Inilah 4 Ketentuan Honorer Jadi PNS


Tenaga honorer akan dihapus di semua instansi pemerintah baik pusat maupun daerah pada 2023.


Dengan demikian, status pegawai pemerintah hanya akan ada dua, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Berikut fakta menarik honorer dihapus di 2023 yang dirangkum di Jakarta, Minggu (8/5/2022).


1. Status Pegawai Pemerintah Hanya Dua

Status pegawai pemerintah hanya akan ada dua, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: Apakah SK PPPK Bisa Digadaikan, Simak Penjelasan Lengkapnya dan ini jawabanya


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengatakan, pemerintah hanya akan fokus merekrut PPPK pada 2022.


“Untuk seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini (2022), formasi untuk CPNS tidak tersedia," ujar Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam keterangan resminya belum lama ini.


2. Nasib Tenaga Kebersihan dan Keamanan

Sementara, untuk memenuhi tenaga kebersihan dan keamanan, instansi pemerintah bisa merekrut pekerja melalui outsourching.


Baca Juga: Rekrutmen PPPK Tahap Ketiga Tunggu Kabar Dari Kemendikbud Selalu Pantau gurupppk.kemdikbud.go.id Lihat Perkembangan Hari Ini


3. Kekhawatiran Pemerintah

Diketahui, salah satu hal yang menjadi kekhawatiran pemerintah yakni rekrutmen tenaga honorer yang terus dilakukan oleh instansi pemerintah daerah.


Lihat juga: Tenaga Kesehatan Non ASN yang Diprioritaskan untuk Formasi PPPK Tahun 2022, Cek Info Resmi Kemkes Di Sini


4. Syarat Jadi PNS

Berikut syarat-syarat tenaga honorer dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya tenaga honorer direncanakan akan dihapus tahun depan.


Peraturan Pemerintah (PP) nomor 48 tahun 2005, tenaga honorer bisa diangkat menjadi PNS jika memenuhi syarat usia seperti:


- Maksimal usia 46 tahun dengan masa kerja 20 tahun atau lebih terus menerus.


- Maksimal usia 46 tahun dan punya masa kerja 10-20 tahun secara terus menerus.


- Maksimal usia 40 tahun dan punya masa kerja 5-10 tahun secara terus menerus.


- Maksimal usia 35 tahun dan punya masa kerja 1-5 tahun secara terus menerus.


Namun, bila belum memenuhi persyaratan di atas tenaga honorer dapat mengikuti tes CPNS dengan syarat berusia minimal 20 tahun dan maksimal 35 tahun, minimal berpendidikan S-1 (perawat/bidan minimal D-3), sehat jasmani rohani.


Peserta juga harus memiliki kompetensi di bidangnya, tidak pernah dipidana dengan penjara 2 tahun atau lebih, bukan anggota partai politik maupun terlibat dalam politik praktis.


Serta tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.


Lihat juga: Ketentuan dan Pesan ManPen-RB Beri untuk PNS dan PPPK Sebelum Bertugas

Belum ada Komentar untuk "Fakta Penghapusan Honorer Di Tahun 2023, Ingat Honorer Masih Bisa Jadi PNS, Inilah 4 Ketentuan Honorer Jadi PNS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel