Insentif GURU Honorer Naik Jadi Rp 1,6 Juta Perbulan, ALHAMDULILAH, Segera Cek Rekening! Saya Ucapkan SELAMAT!


Kabar gembira bagi guru tidak tetap (GTT) di Wonogiri. Nominal insentif mereka akan dinaikkan. Dari Rp 750 ribu per bulan, menjadi Rp 1,6 juta. Anggarannya diambilkan dari dana biaya operasional sekolah (BOS) dan biaya operasional sekolah daerah (BOSDA).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, insentif GTT bisa dinaikkan setelah menteri pendidikan dan kebudayaan menerbitkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Reguler Sekolah.

CEK Nama Guru Honorer Diseluruh Indonesia Laman Resmi Dashboard GTK bisa lihat KLIK DISINI

Laman Resmi Dashboard GTK bisa lihat KLIK DISINI

“Secara substansi, 50 persen dana BOS untuk pembayaran insentif SDM (sumber daya manusia) non-PNS di sekolah. Kami akan realisasikan itu. Ini bentuk penghormatan kami kepada SDM non-PNS (GTT) di sekolah. Mereka memegang peranan penting dalam kurikulum dan KBM (kegiatan belajar mengajar)," bebernya, Senin (22/3).

Penerima kenaikan insentif adalah GTT di sekolah yang sudah masuk data pokok pendidikan (dapodik) dan memiliki surat keputusan (SK) bupati. Jumlah SDM non-PNS yang masuk dapodik sekitar 4.075 orang. Selama ini, penghasilan mereka per bulan hanya Rp 750 ribu.

Kenaikan insentif GTT, lanjut bupati, sangat memungkinkan dilakukan. Mengingat, pemkab telah melakukan simulasi dengan menggunakan data BOS tahun lalu. 

Baca Juga : Kabar Gembira!! DPR RI Guru Honorer Dan Tenaga Pendidik Usia 35+ Diangkat PNS Tanpa Tes, 

Baca Juga :  PGHRI Desak Komisi X Konsisten Perjuangkan Guru Honorer  Dan Tendik Jadi ASN, Simak Selengkapnya DISINI

Baca Juga :  Angin Segar Kemendikbud Targetkan Sertifikasi 10 Ribu Guru Dan Tendik Tahun Ini,

Kekurangan untuk menaikkan insentif GTT hanya butuh back up dana sebesar Rp 416 juta dari BOS dan BOSDA. Total dana BOS di semua SD senilai Rp 59 miliar, sedangkan dana BOS SMP Rp 35 miliar.

Kenaikan insentif GTT direalisasikan tahun ini. Sebelum dibukanya pendaftaran pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) yang dijadwalkan Mei mendatang.

Baca Juga :  Angin Segar Kemendikbud Targetkan Sertifikasi 10 Ribu Guru Dan Tendik Tahun Ini,

Baca Juga :  Tegas! Reaksi PKB Soal Program Seleksi Sejuta Guru Honorer Jadi PPPK, SIMAK Pernyataanya DISINI

Baca Juga : Pengangkatan Guru Dan Tenaga Pendidik Menjadi ASN,  Revisi UU ASN Harus Pro Guru Honorer

Lebih lanjut diterangkan Joko Sutopo, kenaikan insentif GTT mengimplementasikan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021. "Diprioritaskan yang sudah mengabdi lama. Ini bentuk perhatian dan penghormatan pemerintah daerah. Tapi kalau yang mengabdi baru satu atau dua tahun belum bisa," tandasnya. 

Sumber : radarsolo.jawapos.com

LihatTutupKomentar