Kesempatan Besar Untuk Guru Yang Memmiliki Serdik Dalam Seleksi PPPK

Guru yang memiliki sertifikat pendidikan akan mendapatkan keistimewaan dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Guru dengan sertifikat pendidikan akan mendapat poin maksimal dalam tes kompetensi teknis

Ketua Umum FGHBSN Nasional Rizki Safari Rakhmat mengatakan kabar dari Kemendikbud tersebut menggembirakan para guru yang sudah lulus sertifikat guru.

Pendaftaran CPNS Dan PPPK 2021 KLIK DISINI

Menurut dia, dengan memberikan keistimewaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah menjalankan amanah Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005. Dalam UU tersebut tertulis, sertifikat pendidik adalah bukti formal kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional.

"Ini merupakan suatu kabar gembira karena bagi kami guru honorer di sekolah negeri dalam mendapatkan sertifikat pendidik harus melewati proses yang diseleksi secara ketat dan sulit pada program sertifikasi guru," kata Rizki, Senin 15 Maret 2021.

Meski demikian, tambahan nilai hanya diberikan dalam tes kompetensi teknis. Dalam tiga tes lainnya, yakni kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural dan wawancara tertulis berbasi komputer, para guru bersertifikat pendidik tidak mendapat tambahan nilai. Dengan demikian, Rizki mendorong para guru berjuang dalam menjalani tes kompetensi lain agar mencapai ambang batas kelulusan.

"Kami harapkan pelaksanaan rekrutmen tepat waktu serta tepat sasaran," ucap Rizki.

Baca Juga : RESMI Cair !! Setelah THR Lebaran Gaji ke-13 PNS Bulan Depan Alhamdulilah Semoga Berkah

Baca Juga : Tinggal Menunggu Berapa Hari Lagi CPNS Dan PPPK DIBUKA! Guru Honorer Minta Keringanan Passing Grade PPPK, Bonus Poin Pemegang Akta IV

Baca Juga : Kabar Gembira untuk Guru Honorer Ijazahnya Tak Linier dengan Formasi PPPK

Dia pun berharap, nantinya guru PPPK mendapat kesempatan menjadi guru berstatus pegawai negeri sipil. Dengan demikian, guru tidak cemas dalam menjalankan tugas mencerdaskan kehidupan bangsa. Selanjutnya tidak ada lagi guru berstatus honorer dan semua guru di sekolah negeri menjadi guru berstatus PNS.

Dia mendorong pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serius menangani keterbutuhan dan kekurangan guru PNS yang mencapai 1,3 juta orang.

Pemerintah pusat dan daerah harus melakukan pemetaan keterbutuhan guru ASN setiap tahun secara konsisten. Dalam tiga tahun terakhir banyak guru PNS yang pensiun.

Selain guru bersertifikat pendidik, poin tambahan dalam seleksi PPPK juga diberikan kepada guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, tetapi telah berusia diatas 40 tahun. Namun, tambahan nilai dalam tes kompetensi teknis hanya sebanyak 75 poin.

Terkait tambahan poin bagi guru diatas 40 tahun, seorang guru SMAN 27 Bandung Juli Andayani mengapresiasi hal itu. Namun, dia berharap, besaran poin yang ditambah disesuaikan dengan lama guru bertugas. Guru yang bertugas sepuluh tahun idealnya mendapat poin tambahan lebih besar dibandingkan guru yang bertugas tiga tahun.

Baca Juga :  Honorer Bisa Ikut Tes ASN 2021 PPPK Guru Tahap Berapa? Ini Infonya

Baca Juga : Alhamdulillah, Berkat Mekanisme Dana BOS Yang Baru Di 2021 Ini, Kepala Sekolah Leluasa Menggaji Guru Honorer Tanpa Ada Batas", Guru Honorer Bisa Lebih Sejahtera

Baca Juga : Angin SEGAR! Daftar ASN 2021 Khusus PPPK Guru WAJIB Tau? Ini Kriteria yang Dapat Penambahan Nilai , ALHAMDULILAH

Juli sudah menjadi guru di sekolah negeri selama sepuluh tahun. Dia belum memiliki sertifikat pendidikan karena terkendala oleh statusnya yang tercatat dalam data pokok pendidikan sebagai sebagai guru honorer yang dibayar oleh pihak sekolah. Padahal, dia merupakan guru honorer yang mendapat honor dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sumber : priangantimurnews.pikiran-rakyat.com

Belum ada Komentar untuk "Kesempatan Besar Untuk Guru Yang Memmiliki Serdik Dalam Seleksi PPPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel