Soal SKD CPNS 2021 ditambah, simak materi hingga jumlah soal terbarunya ini

Persiapan yang bisa Anda lakukan sejak sekarang sebelum penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 adalah berlatih mengerjakan soal Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. 

Baca Juga :

Melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 27 tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, Anda bisa mendapatkan beragam informasi tentang CPNS 2021 termasuk materi SKD.

Baca Juga :

Permenpan RB ini bisa Anda diunduh di laman jdih.menpan.go.id secara gratis. Platform milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga membagikan informasi tentang SKD CPNS 2021.

Baca juga: Syarat Pendaftaran PPPK untuk Guru atau Dosen

SKD CPNS tahun sebelumnya berjumlah 100 soal yang dikerjakan dalam waktu 90 menit. Tahun ini soal SKD berjumlah 110 dan dikerjakan dalam waktu 100 menit. 

Penambahan waktu dan soal SKD CPNS 2021 juga berlaku bagi penyandang disabilitas tuna netra menjadi 130 menit dari sebelumnya selama 120 menit. 

Mari simak rangkuman informasi tentang materi SKD CPNS 2021 dari Permenpan RB Nomor 27 tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil dan Instagram Indonesia Baik.

Baca Juga: Ini daftar universitas terbaik Indonesia 2021 versi QS WUR by Subject, UI mendominasi

Materi SKD TIU CPNS 2021

Materi Tes Intelegensia Umum (TIU) untuk seleksi CPNS tahun ini berjumlah 35 soal sama seperti tahun sebelumnya. Materi yang akan diujikan diantaranya: 

1. Kemampuan verbal

  • Analogi: Mengukur kemampuan seseorang dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.
  • Baca Juga :

  • Silogisme: Mengukur kemampuan untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan.
  • Analitis: Mengukur kemampuan untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

2. Kemampuan numerik

  • Berhitung: Mengukur kemampuan hitung sederhana.
  • Deret angka: Mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka.
  • Perbandingan kuantitatif: Mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif.
  • Baca Juga :

  • Soal cerita: Mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

3. Kemampuan figural

  • Analogi: Mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.
  • Ketidaksamaan: Mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar.
  • Serial: Mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Materi SKD TWK CPNS 2021

Soal-soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dikerjakan oleh peserta bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh seseorang memahami dan mengimplementasikan poin-poin yang berkaitan dengan wawasan Kebangsaan. 

Jumlah soal yang akan diujikan di SKD tahun 2021 adalah sebanyak 30 soal sama seperti tahun sebelumnya. Berikut ini poin-poin yang akan diujikan di SKD TWK:

  • Nasionalisme: Mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.
  • Bela negara: Mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  • Integritas: Mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.
  • Pilar negara: Mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: KIP Kuliah bisa untuk PTS, berikut syarat dan jadwal pendaftarannya

Materi SKD TKP CPNS 2021

Jumlah soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) tahun ini tidak sama dengan tahun sebelumnya. Semula peserta mengerjakan soal TKP sebanyak 35 soal tetapi tahun ini bertambah menjadi sebanyak 45 soal TKP.

Soal TKP CPNS 2021 diberikan untuk mengukur kemampuan peserta dalam mengaplikasikan dan memahami poin-poin berikut ini:

  • Pelayanan publik: Mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.
  • Baca juga: SMA, D3, S1 bisa daftar seleksi, inilah formasi CPNS Basarnas 2021
  • Sosial budaya: Mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.
  • Teknologi informasi dan komunikasi: Mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja. 
  • Baca Juga :

  • Jejaring kerja: Mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
  • Profesionalisme: Mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan Jabatan. 
  • Anti radikalisme: Menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

Berikut ini adalah syarat wajib yang akan di unggah dalam pemberkasan bagi pelamar CPNS, Download aja di bawah ini :

Materi Bank Soal CPNS 2021 TKD terdiri atas:


1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal CAT CPNS Tes Wawasan Kebangsaan merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan bagi para peserta seleksi cpns untuk menilai peserta cpns dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia dengan jumlah soal sebanyak 35 soal, Unduh Soal Latihan TWK Klik Di Sini

2. Tes Intelejensi Umum (TIU)

Soal CAT CPNS Tes Intelejensi Umum (TIU) merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis dengan jumlah soal sebanyak 30 soal Klik Di Sini

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal CAT CPNS Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi, dengan jumlah soal sebanyak 35 soal Klik Di Sini 

  1. Download Soal CPNS 1 Klik Di Sini
  2. Download Soal CPNS 2 Klik Di Sini
  3. Download Soal CPNS 3 Klik Di Sini
  4. Download Soal CPNS 3 Klik Di Sini
  5. SIMULASI CAT ONLINE Gratis Klik Di Sini
Demikian yang dapat saya bagikan semoga dapat bermanfaat,



Jadwal seleksi CPNS 2021 Bisa CEK DISINI

Itulah lowongan CPNS lulusan SMA/SMK dan yang sederajat pada tahun 2021. Bagi Anda yang ingin melamar CPNS, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen dokumen penting yang dibutuhkan untuk melamar ya Semoga kamu beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Referensi : infoasn.id ,

Syarat CPNS lulusan SMA/SMK Kemendikbud

  1. Berasal dari SMK Teknik Kimia untuk pendaftar teknisi laboratorium dan SMK Teknologi dan Rekayasa untuk formasi teknisi pemetaan dan penggambaran
  2. SMA/SMK/SLTA sederajat terdaftar di Kemendikbud dan/atau Kemenag
  3. Bagi pendaftar dari sekolah luar negeri mendapat penyetaraan ijazah SMA/SMK/SLTA sederajat dari Kemendikbud


4. Nilai pada Surat Tanda Tamat Belajar rata-rata 7,00.

F. Syarat CPNS lulusan SMA/SMK BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) menyediakan 200 formasi untuk lulusan SMA. Formasi ini untuk mengisi jabatan pranata komputer pelaksana pemula dalam formasi khusus tenaga pengamanan siber.

Persyaratan khusus untuk CPNS lulusan SMA/SMK BIN adalah berpengalaman minimal dua tahun di bidang keamanan siber. Pengalaman dibuktikan dengan Surat Perjanjian Kontrak Kerja.  

Selanjutnya: Daftar CPNS 2021? Simak formasi tenaga kesehatan yang wajib melampirkan STR

Belum ada Komentar untuk "Soal SKD CPNS 2021 ditambah, simak materi hingga jumlah soal terbarunya ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel