Kemenag Akan Selenggarakan PPG Guru PAI Tahun 2021

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2021. Hal ini ditegaskan Direktur Pendidkan Agama Islam, Kementerian Agama Rohmat Mulyana Sapdi dalam Rapat Virtual Persiapan TPG dan PPG Guru PAI di Jakarta, Kamis (18/2).

Baca Juga :

Menurut Rohmat pola penyelenggaraan PPG Guru PAI di masa pandemi akan berbeda dengan penyelenggaraan di masa normal. “Karena masa pandemi tentu pelaksanaan PPG GPAI akan menyesuaikan situasi. Kita akan segera berkoordinasi dengan Panitia Nasional PPG Kementerian Agama serta LPTK untuk menentukan desain penyelenggaran yang ideal termasuk  juga pembiayaan” jelas Rohmat.


Rohmat menjelaskan alokasi anggaran untuk PPG  Guru PAI telah tersedia di RKAL Kementerian Agama RI. “Anggaran telah tersedia dengan perhitungan unit cost sekitar Rp.5.000.000 untuk masing-masing peserta,” ungkapnya.    

Baca Juga :

Rohmat menambahkan sejumlah Pemerintah Daerah juga telah menyatakan  kesiapan membantu pembiayaan PPG Guru PAI Tahun 2021. “Nanti segera kita petakan Pemda yang telah bersedia membantu PPG. Untuk daerah yang belum juga akan  kita upayakan untuk koordinasi kembali”, jelasnya.

Lihat: Dan Download Latihan Soal Pretest PPG Kemenag Lengkap Dengan Jawaban

Kasubdit PAI pada PTU Munir manambahkan  perkiraan kuota PPG Guru PAI berjumlah sekitar 5000 peserta. Prioritas utama yang akan mengikuti PPG adalah  peserta yang belum lulus PLPG  serta peserta yang telah lulus Pretest PPG Tahun 2018 dan Tahun 2019. “Ketentuan detil tentang PPG akan dijelaskan dalam aturan penyelenggaraan PPG,“sambungnya.

Baca Juga :

Nama Guru Yang Masuk Kuota PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 Tahap II

Menurut Munir, 22 LPTK telah siap menjadi penyelenggaraan PPG tahun 2021 dan 5 LPTK sedang dalam proses penyelesaian administrasi. “Kita sedang menghitung pengalokasian peserta  agar proporsional dan memudahkan teknis pelaksanaan”, pungkasnya. (Nasukha/Tim Media PAI)

Belum ada Komentar untuk "Kemenag Akan Selenggarakan PPG Guru PAI Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel