Ketentuan Nilai Ambang Batas Serta Jumlah Waktu Dan Soal Pada Ujian Cat Cpns 2021


Sistem computer assisted test (cat) adalah metode seleksi menggunakan software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar cpns. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme pegawai negeri sipil.

‍Lihat Juga :

Berdasarkan keputusan menteri panrb nomor 921/2021 tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan pada kementerian/lembaga tahun anggaran 2021 yang ditandatangani menteri panrb tjahjo kumolo pada 21 mei 2021.

Baca Juga :

Menurut ketentuan dalam peraturan tersebut, disebut skd dalam seleksi casn melalui skema sekolah kedinasan tahun 2021 terdiri dari tiga materi soal, yakni tes karakteristik pribadi (tkp) dengan nilai ambang batas 156, tes intelegensia umum (tiu) dengan nilai ambang batas 80, dan tes wawasan kebangsaan (twk) dengan nilai ambang batas 65. Ketentuan nilai ambang batas bagi peserta yang berasal dari daerah afirmasi yaitu nilai kumulatif skd paling rendah sebesar 281.


Lebih lanjut disebutkan dalam peraturan ini, jumlah soal keseluruhan skd adalah sebanyak 110 soal, dengan rincian 45 butir soal tkp, 35 butir soal tiu, dan 30 butir soal twk , karena adanya tambahan 10 soal di bidang tkp, menjadi 45 soal.

Baca Juga : 

Pada tahun 2019 jumlah soal keseluruhan skd adalah sebanyak 100 soal, dengan rincian tkp sebanyak 35 butir, tiu sebanyak 30 butir, dan twk sebanyak 35 butir dan nilai ambang batas yang harus dilampaui, yakni 126 untuk tkp, 80 untuk tiu, dan 65 untuk twk.

Baca Juga: Link Live Streaming Pengumuman CPNS dan PPPK 2021, Mulai Pukul 14.00 WIB

Kemudian untuk materi skd 2021, ada beberapa hal yang berbeda. Seperti misalnya pada bidang twk, materi bahasa indonesia tidak lagi tercantum dalam kisi-kisi.sementara pada bidang tkp ditambahkan satu materi tentang anti-radikalisme. Materi anti-radikalisme ini diberikan dengan tujuan menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

Baca Juga: 

Untuk mengasah kemampuan dalam mengerjakan ujian cat anda bisa mengakses cat simulasi bkn pada link ini simulasi cat (bkn.go.id)

Untuk Mendapatkan Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS  silahkan Download DISINI
Download Latihan Soal CPNS  dan Sistem Program CAT


Demikian yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,


Sumber berita :

 https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/12/080500865/cpns-2019-jumlah-soal-tiu-turun-twk-naik?page=1.

 https://www.tribunnews.com/nasional/2021/05/23/kemenpan-rb-tetapkan-ambang-batas-skd-sekolah-kedinasan-untuk-seleksi-cpns.


Belum ada Komentar untuk "Ketentuan Nilai Ambang Batas Serta Jumlah Waktu Dan Soal Pada Ujian Cat Cpns 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel