Penting! Besaran Nilai Passing Grade CPNS 2021Yang harus Kamu Capai dan Cara Menyelesaikanya

Pendaftaraan CPNS yang direncanakan akan buka pada pertengahan tahun ini semakin dekat. Bagi kamu yang sedang belajar dan mempersiapkan diri, jangan lupa lengkapi semua dokumen dan persyaratan. Selain itu sebagai gambaran untuk mengikuti ujian, penting bagi kamu untuk mengetahui passing grade dari setiap jenis tes pada saat ujian nanti. Berikut adalah penjelasan lengkapnya. 

Passing grade tes CPNS 2021

Setelah melewati seleksi administrasi dan verifikasi berkas, tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD pada tahun ini menggunakan CAT (​Computer Assisted Test) yang memiliki 110 soal. Selain itu, SKD dibagi menjadi 45 soal TKP35 soal TIUdan 30 soal TWK, dengan durasi waktu 100 (seratus) menit. 

Baca juga: Latihan Soal dan Pembahasan Tes CPNS 2021

Sedangkan untuk passing grade CPNS tahun ini terjadi perubahan. Jika sebelumnya masih berdasarkan pada (PermenPANRB) Nomor 24 Tahun 2019, kini diganti dengan  Peraturan Menteri (Permenpan RBNomor 27 Tahun 2021. Namun, hingga saat ini, pemerintah belum mengeluarkan pengumuman resmi terkait nilai passing grade dari SKD dan masing-masing jenis tesnya. 

Baca Juga : 

Jika bersumber pada peraturan tahun sebelumnya, nilai total passing grade pada tahapan SKD yaitu 271 dengan pembagian untuk masing-masing tesnya sebagai berikut.

Baca Juga : 

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal yang diujikan pada tes TKP umumnya berisi tentang pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme. Nilai passing grade pada tes ini adalah 126.

Baca Juga : 

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Pada jenis tes ini, kamu akan diuji mengenai kemampuan verbal, numerik, dan figural. Adapun jenis soal yang akan dikerjakan berupa analogi, deret angka (kuantitatif), dan pola hubungan dalam bentuk gambar. Nilai passing grade pada tes ini adalah 80.

Baca Juga : 

Tes Wawasan Kebangsaan Kebangsaan (TWK)

Soal yang akan diujikan pada TWK adalah materi mengenai nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. Nilai passing grade pada tes ini adalah 65. 

Cara mencari nilai passing grade

Sistem penilaian untuk masing-masing tes yaitu menggunakan skor 1-5 (satu hingga lima) pada tingkatan benar dalam jawaban. Bila kamu salah atau tidak menjawab, maka nilainya 0 (nol). Dengan demikian, jika dapat menjawab keseluruhan soal dengan benar, maka nilai kumulatif yang bisa kamu dapatkan yaitu 500

Lalu bagaimana cara mencari nilai dengan kriteria lolos passing grade?


Pada perhitungan di atas adalah kemungkinan jika kamu dapat menjawab dengan nilai skor sempurna. Khusus soal TKP, kamu dapat menargetkan nilai minimal dengan menjawab 26 soal. Sehingga nilai yang kamu dapatkan melewati passing grade yaitu 130

BACA JUGA:

Namun, dengan penggunaan sistem skor, kamu juga dapat lulus dengan nilai yang tidak harus sempurna dengan skor 5. Misalnya pada TKP, kamu bisa mendapatkan nilai melewati 126 dengan pengerjaan 10 soal dengan skor 5, 14 soal dengan skor 4, 7 soal dengan skor 3, dan 4 soal salah atau kosong. Sehingga nilai akhir yang kamu dapatkan yaitu 127

Ketentuan penetapan nilai ambang batas (passing grade)

Berdasarkan PermenPANRB Nomor 24 Tahun 2019, ada 4 jenis peserta yang memiliki ketentuan passing grade yang berbeda dari ketentuan di atas, 

  1. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian” /Cum Laude
    Bagi kamu yang berpredikat sebagai Lulusan Terbaik, nilai komulatif paling rendah dari SDK yang harus kamu lewati adalah 271. Sedangkan untuk nilai TIU adalah 85.

  2. Penyandang Disabilitas
    Bagi penyandang disabilitas, nilai komulatif paling rendah untuk lulus SKD adalah 260, dengan nilai TIU paling rendah 70.

  3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat
    Bagi kamu yang merupakan Putra/Putri Papua dan Papua Barat, nilai komulatif paling rendah untuk dapat lulus SDK adalah 260, dengan nilai TIU paling rendah 60.

  4. Diaspora
    Sedangkan untuk kamu yang berstatus sebagai diaspora atau tinggal di luar negeri, batas nilai minimal SKD yang harus dapat kamu capai untuk lulus adalah 271, dengan nilai TIU paling rendah 85. 

Itu lah penjelasan mengenai passing grade yang perlu kamu ketahui untuk CPNS 2021. Bagi kamu yang masih ingin meningkatkan kemampuan untuk mengerjakan soal tes CPNS, langsung saja menuju Skill Academy. Selain tersedia soal-soal try out, kamu juga bisa mendapatkan berbagai tips dari para instruktur yang berpengalaman.

Download Pembahasan Soal CPNS All New Tes CPNS 2019.pdf KLIK DISINI
Untuk mendapatkan Soal-Soal P3K 2019 Silahkan KLIK DISINI

Untuk mendapatkan materi soal-soal P3K 2021 mengenai pancasila Dan Undang Dasar 1945 KLIK DISINI

  • Contoh soal Tes Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan  2021 KLIK DISINI
  • Contoh soal Tes Kompetensi PPPK Lainnya 2021 KLIK DISINI
  • Download PP Nomor 49 Tahun 2018 Tentang PPPK KLIK DISINI


Demikian lah Materi TWK, TIU, TKP dan Soal Latihan CPNS Dan PPPK Beserta Kunci Jawaban   yang dibagikan semoga bisa membantu anda untuk persiapan Tes SKD dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penting! Besaran Nilai Passing Grade CPNS 2021Yang harus Kamu Capai dan Cara Menyelesaikanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel