Hasil seleksi administrasi CPNS belum muncul? Ini penjelasan BKN, Dan Cek Di Sini


Rencananya, pemerintah bakal mengumumkan seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2021 pada 2-3 Agustus 2021. Sebagian pendaftar sudah menerima pengumuman di akun SSCASN miliknya. 

Baca Juga :

Baca Juga: 

Sejumlah instansi yang membuka lowongan CPNS dan PPPK 2021 juga telah mengumumkan hasil seleksi administrasi di masing-masing laman resminya.

Hanya saja, sampai saat ini masih ada sebagian pendaftar yang belum mendapatkan pengumuman kelulusan CPNS dan PPPK 2021 di tahap seleksi administrasi. 

Selanjutnya: Gagal lolos administrasi? Ini cara mengajukan sanggah CPNS 2021

BKN menyampaikan penjelasan bahwa hasil seleksi administrasi pendaftaran CASN 2021 akan diumumkan pada tanggal 2 hingga 3 Agustus 2021, pada kanal informasi instansi dan portal SSCASN. Artinya, kemarin adalah hari terakhir jadwal pengumuman seleksi administrasi CASN 2021 yang terdiri dari CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru. 

Baca Juga :

“Namun perlu diingat pengumuman tersebut dapat diakses setelah instansi selesai memverifikasi keseluruhan berkas pelamar,” jelas BKN dalam akun media sosialnya, dikutip ulang pada Selasa (3/7/2021). 

Baca Juga: Cara download dan mencetak kartu ujian tes SKD CPNS 2021

Dengan begitu, waktu pengumuman seleksi administrasi CPNS dan PPPK 2021 di masing-masing instasni juga dimungkinkan berbeda. 

“Apabila hasil seleksi administrasi instansi yang kalian lamar belum tayang, berarti proses verifikasi masih berlangsung. Semangat bersabar,” tulis BKN. “Mari dukung Tim Verifikasi Instansi menyelesaikan proses ini dengan baik karena tahapan ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian,” sambungnya. 

Baca Juga: Jangan bingung, ini 2 cara cek pengumuman seleksi administrasi CPNS 2021

Cara cek pengumuman seleksi CPNS 2021 bisa dilakukan baik melalui SSCASN 2021, sscasn.bkn.go.id, maupun di kanal informasi instansi.

Untuk mengecek pengumuman CPNS di laman SSCASN, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  • Kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/
  • Klik menu "Login" di pojok kanan atas
  • Isi NIK dan password Klik "Masuk"
  • Jika pelamar dinyatakan lolos, maka sistem SSCASN akan memuat pesan yang menyatakan kelulusan pelamar dalam seleksi administrasi CPNS 2021
  • Peserta yang lolos dapat mengunduh kartu ujian
  • Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, peserta yang merasa keberatan dengan hasil tersebut dapat mengajukan sanggahan di periode masa sanggah pada 4-6 Agustus 2021. 

Selanjutnya, periode jawab sanggah akan berlangsung pada 4-13 Agustus 2021. Adapun pengumuman pasca-sanggah dilakukan pada 15 Agustus 2021. Setelah itu, para peserta seleksi CPNS 2021 akan memasuki tahapan ujian. Adapun tahapan ujian CPNS meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Baca Juga: Gagal lolos administrasi? Ini cara mengajukan sanggah CPNS 2021

SKD adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang PNS Republik Indonesia. 

Nantinya, SKD akan terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umur (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Sementara SKB adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Seleksi Administrasi CPNS Belum Muncul? Simak Penjelasan BKN"
Penulis : Muhammad Choirul Anwar
Editor : Muhammad Choirul Anwar

 

Selanjutnya: Mau cek hasil seleksi administrasi CPNS 2021? Kunjungi sscasn.bkn.go.id


Belum ada Komentar untuk "Hasil seleksi administrasi CPNS belum muncul? Ini penjelasan BKN, Dan Cek Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel