Panduan Pengajukan Sanggahan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021


Pada 2-3 Agustus 2021, hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021 sudah diumumkan di laman SSCASN atau laman masing-masing instansi.  

Bagi pelamar yang dinilai tidak memenuhi syarat (TMS) masih memiliki harapan untuk lolos jika berkas yang diajukan dirasa lengkap.

Caranya, pelamar perlu melakukan sanggahan di Masa Sanggah yang berlangsung 4-6 Agustus 2021. Dalam masa sanggah, instansi memberikan tanggapan sanggah dan memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah. 

Ketentuan sanggahan hasil seleksi administrasi 

Melansir Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara tahun 2021, peserta yang tidak memenuhi syarat lulus seleksi administrasi akan mendapat pemberitahuan: 

"Mohon Maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar.” 

Baca Juga: Lolos seleksi administrasi CPNS 2021, segera cetak kartu ujian tes SKD, ini caranya

Selain itu disertai dengan penyebab pelamar berstatus tidak memenuhi syarat (TMS). Sanggahan dilakukan untuk menyanggah hasil verifikasi instansi yang salah, dalam hal ini sanggahan diberlakukan jika kesalahan bukan dari kesalahan yang dilakukan pelamar. 

Perlu diingat bahwa fitur Ajukan Sanggah bukan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan pelamar. Alasan Sanggah yang pelamar isi harus benar, realistis, tidak mengada-ngada dan berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya. 

Jika pelamar sudah menyadari kesalahan, maka tidak disarankan untuk menggunakan fitur ini, karena tidak akan mengubah hasil Verifikasi. 

Baca Juga: Hasil seleksi administrasi CPNS belum muncul? Ini penjelasan BKN

Alasan sanggah harus sesuai dengan dokumen sebenarnya dan apabila ternyata isian yang dibuat pelamar tidak sesuai dengan dokumen maka pelamar bersedia menanggung akibat hukuman yang ditimbulkannya.

Berikut cara mengajukan sanggahan: 

  1. login ke https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login setelah melihat hasilnya TMS, klik "ajukan sanggah"
  2. Kemudian akan tampil form sanggah yang berisi informasi persyaratan yang tidak terpenuhi, dokumen yang telah diunggah pelamar dan kolom isian alasan sanggah.
  3. Peserta dapat memberikan alasan sanggah dari hasil seleksi administrasi pada kolom alasan sanggah.
  4. Setelah mengisikan sanggahan, maka sistem akan menampilkan peringatan “Apakah Anda yakin untuk mengakhiri dan memproses penyanggahan?”.
  5. Jika sudah yakin silahkan pelamar memilih tombol iya. Namun jika pelamar tidak yakin silahkan pilih tidak.
  6. Setelah memilih tombol iya kemudian akan tampil informasi bahwa pengajuan sanggah berhasil. 
  7. Jika terdapat kolom isian alasan sanggah yang kosong kemudian pelamar memilih akhiri proses sanggah maka akan tampil peringatan “Anda hanya bisa melakukan sanggah bila semua persyaratan yang tidak memenuhi syarat disanggah”. 

Jika Peserta memiliki dokumen yang tidak valid lebih dari satu, dan hanya ingin melakukan sanggah pada salah satunya saja atau tidak pada semua dokumen, maka tidak akan mengubah hasil. 

Baca Juga: Jangan bingung, ini 2 cara cek pengumuman seleksi administrasi CPNS 2021

Karena satu persyaratan saja tidak valid, maka tetap akan TMS (Tidak Memenuhi Syarat), jika dirasa dokumen tersebut memang tidak valid, diharapkan untuk tidak melakukan sanggah. 

Segala bentuk permohonan/permintaan ataupun alasan yang tidak berkaitan dengan dokumen yang dianggap tidak valid oleh Verifikator Instansi, maka akan diabaikan.  

Perlu diingat juga bahwa pelamar hanya bisa melakukan sanggah satu kali. Pelamar yang sudah pernah melakukan sanggah kemudian ingin melakukan sanggah kembali dengan memilih tombol sanggah maka sistem akan menampilkan informasi 

“Mohon maaf, Anda sudah pernah melakukan sanggah. Silahkan refresh halaman resume Anda”. 

Pelamar yang telah berhasil melakukan sanggah dipersilahkan untuk melakukan refresh halaman resume kemudian sistem akan menampilkan keterangan bahwa “Anda sudah pernah menyanggah. Harap menunggu jawaban sanggah dari instansi tersebut”. 

Jika masa sanggah sudah berakhir maka akan tampil masa sanggah sudah berakhir yang berarti pelamar sudah tidak bisa untuk menyanggah hasil dari seleksi administrasi. 

Jika alasan sanggahan diterima, panitia seleksi instansi akan mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama 7 hari sejak berakhirnya waktu pengajuan sanggah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panduan Mengajukan Sanggahan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021"
Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Selanjutnya: Cara cek pengumuman hasil seleksi CPNS 2021 hari ini di sscasn.bkn.go.id

Belum ada Komentar untuk "Panduan Pengajukan Sanggahan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel