Seleksi P3k Tahap 2 Di Undur Lagi, Hadeehhhh,,, Awas Perhatikan Cara Melilih Formasi P3K Guru Tahap 2nya,, Jangan Sampe Salah Ya,,,



Cara memilih formasi Seleksi PPPK Guru tahap 2 merupakan hal yang tidak bisa dianggap enteng. Walaupun lulus tidaknya merupakan takdir dari Tuhan, tetapi berusaha untuk mendapat yang terbaik adalah langkah terbaik yang harus dilakukan.



Memilih formasi bukan sekedar memilih sekolah yang akan dituju pada saat seleksi P3K Guru tahun 2021. Namun lebih dari sekedar memilih, peserta PPPK harus lebih selektif dalam hal menentukan pilihan.


Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam hal memilih formasi. Inilah yang nantinya akan harus dilakukan oleh peserta seleksi tahap 2 dalam memilih sekolah dalam formasi PPPK.


Cara Memilih Formasi PPPK Guru Tahap 2 Tahun 2021

Menentukan formasi PPPK Guru tahap 2 tahun 2021 akan diselenggerakan mulai tanggal 1-4 November ini. Sesuai dengan edaran terbaru mengenai jadwal yang sudah disampaikan oleh DIrjan GTK Kemendikbud beberapa waktu lalu.

Baca Juga :

PERHATIAN! Pendaftaran PPPK Guru Tahap 2 DITUNDA, Ini Alasan dan Link Pengumuman


Baca: Pengumuman PPPK Non Guru 2021: Penetapan Nomor Induk & Pemberkasan


Memilih formasi janganlah dianggap sepele. Walaupun sepintas sama-sama sekolah. Namun peluang dan perencanaan jangka Panjang tetap harus diperhatikan. Setidaknya tidak akan menyesal dikemudian hari baik setelah pengumuman maupun kelak kalua sudah diterima menjadi tenaga ASN di sekolah yang tersebut.

Baca Juga : 

Pemilihan Formasi PPPK Guru Tahap II 2021 Dibuka Hari Ini, Cek Ketentuannya

Adakalanya memilih formasi hanya sepintas peluang lolos. Namun lebih dari itu, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Agar dalam menunaikan tugas mulia sebagai abdi negara dan tenaga pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa tidak mengalami kendala yang berarti.


Bagi kawan-kawan seperjuangan yang tengah berusaha meraih satu tiket untuk mendapatkan NIPPPK hendaknya diperhatikan dari sekarang.


Tips Memilih Formasi PPPK Guru Tahap 2

Calon peserta seleksi PPPK tahap II, berikut kami sajikan beberapa poin penting harus dilakukan pada saat melakukan pemilihan formasi atau menentukan sekolah.


1. Perhatikan Jarak dan Akses Sekolah

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah akses tempat tinggal ke sekolah. Tidak sedikit peserta yang berfikir lebih baik mendaftar di sekolah yang jauh asal pesaingnya sedikit tanpa memperhatikan tanggung jawab yang harus diterima setelah lulus.


Menjadi PPPK merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Oleh karena itu alangkah baiknya memilih lokasi sekolah yang bisa diakses dengan mudah atau jarak yang tidak terlalu jauh. Jadi nantinya siap bertugas walau dalam kondisi hujan atau gejala alam lainnya.


2. Perhatikan Pendaftar Lain

Sebelum memilih formasi, alangkah baiknya perhatikan jumlah pendaftar lain yang akan mendaftar ke sekolah tersebut. Yang dimaksud croscek pendaftar lain adalah dari sisi usia dan afirmasi.


Jika masih berusia tidak sampai 35 atau tidak dapat afirmasi maka sebaiknya menghindari sekolah yang terdapat peserta lain yang memilih tambahan afirmasi besar seperti Usia 50 lebih dan memiliki sertifikat pendidik.

Baca Juga :

Latihan Soal CPNS 2021 TIU, TWK, TKP & Pembahasan Lengkap dan Terbaru

Selain itu peserta K2 juga harus diperhatikan. Karena peserta yang berusia 35 tahun keatas dan merupakan GHK2 (Guru Honorer K2) maka akan mendapatkan afirmasi 125.


3. Peserta dari Sekolah Induk

Pendaftar lain yang berasal dari sekolah Induk juga harus menjadi pertimbangan. Bagaimanapun juga peserta yang berasal dari sekolah induk mendapatkan proritas (X) dibandingkan pendaftar dari sekolah lain.


4. Jumlah Formasi dari Sekolah tersebut

Perhatikan jumlah formasi kosong yang akan diisi dari sekolah tersebut. Semakin banyak formasi yang dalam sebuah sekolah maka peluangnya semakin besar. Oleh karena itu carilah formasi yang banyak membutuhkan tenaga PPPK Guru.


5. Kondisi Sekolah

Jangan malu untuk bertanya mengenai kondisi sekolah yang akan dituju. Karena nantinya akan menjadi lading kita melaksanakan kewajiban dan beribadah.


6. Minta Ridho Tuhan dan Restu Orang Tua

Dua hal ini tidak bisa dilepas dalam menentukan formasi. Bahkan bisa menjadi poin utama yang harus dilakukan dalam memilih formasi.

Baca Juga :

173.329 Guru Honorer Lulus Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021, Berikut Besaran Gaji Yang Akan Di Peroleh PPPK GURU-ASN 2021

Jika sekiranya ada sekolah yang sesuai prasyarat di atas (jarak, jumlah peserta, formasi, dan sebagainya) maka mintalah Petunjuk kepada Allah. Bisa melalui sholat istikharah dan sebagainya. Mintalah petunjuk apakah sekolah tersebut bisa dipilih atau tidak. Apakah sekolah tersebut akan membawa mudharat apa keberkahan.


Di sisi lain, jangan pernah melupakan orang tua. Ridha Orang tua adalah Ridho Tuhan. Jangan pernah melupakan dan meninggalkan orang tua. Bagaimanapun kondisi beliau saat ini, mintalah Doa pada beliau. Setetes doa orang tua yang terkabul bisa membasahi satu daerah yang dilanda kekeringan. Itulah perbandingan sederhana.


Dengan kata lain, dalam menentukan dan memilih formasi untuk seleksi PPPK atau apapun jangan pernah meninggalkan Tuhanmu dan Orang Tuamu. Jika Tuhan sudah berkehendak, sesulit apapun kemungkinan maka tidak ada yang mustahil.

Baca Juga :

Contoh Program Kerja Kepala Sekolah Dasar Format Word Terbaru

Itulah poin penting yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam memilih formasi PPPK tahap 2. Jangan lupa untuk terus belajar dan latihan sebelum menghadapi waktu tes PPPK Tahap 2. Berikut kami sajikan beberapa bahan ajar untuk seleksi PPPK sesuai dengan kompetensinya.


Baca Juga : 

Latihan Soal CPNS 2021 TIU, TWK, TKP & Pembahasan Lengkap dan Terbaru

Soal Latihan PPPK Terbaru : Kemampuan Integritas, Sosial Kultural, dan Wawancara Lengkap Dengan Jawaban Dan Pembahasan


Demikian informasi yang kami sajikan sepuyar pelaksanaan pemilihan formasi PPPK tahap 2 tahun 2021. Dapatkan info lain terupdate seputar PPPK hanya di Kabar PPPK atau bisa langsung cek di HOBIREBAHAN.com

Selanjutnya Mari Kita Intip Besaran Gaji GURU-ASN PPPK Di SINI

Belum ada Komentar untuk "Seleksi P3k Tahap 2 Di Undur Lagi, Hadeehhhh,,, Awas Perhatikan Cara Melilih Formasi P3K Guru Tahap 2nya,, Jangan Sampe Salah Ya,,,"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel