PPPK Guru Tahap 3: Syarat dan Cara Daftar PPPK GURU



Tahap Seleksi PPPK Guru Tahap 3Tahun ini, rekrutmen PPPK guru mencatatkan rekor jumlah formasi terbanyak sepanjang sejarah, yaitu mencapai 506.247 usulan formasi. Ada 3 kali seleksi dalam rekrutmen PPPK guru pada tahun ini.


Apabila tidak lolos di seleksi pertama, maka peserta bisa mengikuti seleksi kedua, serta akan bergabung dengan dua jenis guru honorer, yaitu guru honorer di sekolah swasta dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Baca Juga : Cara Mendapatkan Sertifikat Pendidik Guru Honorer Dinas Dan Kemenag

Pada seleksi kedua, guru honorer K-II dan guru honorer sekolah swasta hanya bisa melamar sesuai dengan domisilinya saja. Selanjutnya, peserta seleksi pertama dan kedua yang belum dinyatakan lolos, maka akan diperbolehkan untuk mengikuti seleksi ketiga di mana seluruh jenis guru honorer dapat melamar pada formasi lintas daerah yang belum terisi.


Cara Daftar PPPK Guru Tahap 3

Baca Juga: Cara Daftar CPNS Untuk Lulusan SMA


Pengecekan hasil seleksi kompetensi PPPK Guru dapat dilakukan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id. Caranya sangat mudah. Pertama, masukkan NIK dan nomor peserta. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk memasukkan hasil penjumlahan angka yang muncul di layar. Selanjutnya, klik "cari". Maka hasil kelulusan seleksi kompetensi PPPK Guru akan muncul di layar.

Baca Juga : Pemerintah Kembali Buka Seleksi CPNS dan PPPK di 2022, Catat Waktu Pelaksanaanya!

Baca Juga : Gempar Guru honorer Usia 35 Tahun ke Atas Untuk Mengisi Formasi PPPK 2021 Yang Kosong

Sedangkan cara daftar PPPK Guru Tahap 3 tidak berbeda dengan cara daftar PPPK Guru tahap 1 dan 2 dengan mengakses link pendaftaran hanya melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Berikut ini adalah tata cara mendaftar PPPK Tahap 3:


  1. Membuat akun melalui laman sscasn.bkn.go.id.
  2. Lalu pilih menu PPPK atau ssp3k.bkn.go.id.
  3. Selanjutnya lakukan registrasi dan mengisi data meliputi Nomor Peserta Ujian K-II, tanggal lahir, NIK, KK, alamat email aktif, kata sandi, dan pertanyaan keamanan, serta pas foto formal dengan ukuran minimal 120 KB maksimal 200 KB (format .JPG atau .JPEG).
  4. Setelah semua data terisi, silakan cetak kartu informasi akun.
  5. Setelah kartu informasi akun di cetak, login di laman ssp3k.bkn.go.id dengan NIK dan kata sandi yang sudah terdaftar.
  6. Langkah selanjutnya adalah melengkapi data yang diperlukan, sesuai yang ada di layar.
  7. Setelah data yang diperlukan sudah dilengkapi, maka tim verifikator akan memeriksa berkas dokumen yang sudah kita diunggah.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022 Beserta Passing Grade, Kriteria, dan Syarat Terbaru

Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian sebagai syarat mengikuti tahapan selanjutnya. Panitia seleksi PPPK di setiap instansi akan mengumumkan hasil kelulusan peserta. Cek laman gurupppk.kemdikbud.go.id secara berkala!


Itulah sedikit informasi mengenai PPPK guru tahap 3. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Panduan Cara Isi DRH PPPK Guru Tahap 1, Batas Akhir Hingga 10 Januari 2022, Segera Isi Sebelum Terlambat!

Baca Juga : Info Tes PPPK Guru 2021 Tahap 3, Inilah Tes Terakhir Tahun Ini, Simak Kriteria dan Syaratnya Agar Lolos!

Baca Juga:

Selanjutnya : Berikut Rincian Gaji dan Tunjangan, dan Cuti untuk Guru-ASN PPPK 2021

Belum ada Komentar untuk "PPPK Guru Tahap 3: Syarat dan Cara Daftar PPPK GURU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel