Kemenpan RB Sebut Penanganan Tenaga Honorer Menjadi CPNS Telah Selesai


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengatakan bahwa secara kebijakan, penanganan tenaga honorer oleh pemerintah telah selesai dengan berlakunya PP 48/2005 jo PP 43/2007 dan terakhir diubah dalam PP No. 56/2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS.

Download Surat edaran SE Menpan RB tentang Pengadaaan ASN PPPK 2022. pdf

Unduh Pesan Edaran Menpan RB tentang Pengadaan ASN PPPK Tahun 2022 PDF

Kamu dapat menguduhnya lewat link berikut:
SE Menpan RB tentang Pengadaaan ASN PPPK 2022. pdf

“Sejalan dengan UU No. 5/2014 tentang ASN dan PP No. 49/2018 tentang Manajemen PPPK, dalam Pasal 96 juga tegas menyebutkan bahwa PPPK dilarang mengangkat pegawai non-PNS dan/atau non-PPPK untuk mengisi jabatan ASN,” kata Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB Mohammad Averrouce kepada Tempo, Rabu, 26 Januari 2022.

Baca Juga : Berikut Passing Grade PPPK Guru Tahap 3, Beserta Syarat dan Kriterianya

Dalam rangka penyelesaian tenaga honorer pada 2022 dan 2023 diharapkan instansi (K/L/Pemda) melakukan perhitungan analisis jabatan dan analisis beban kerja kembali secara komprehensif, sehingga didapat kebutuhan yang obyektif, baik CPNS maupun PPPK untuk pemerintah menetapkan jumlah formasi yang dibutuhkan.

“Dengan jumlah kebutuhan yang tepat, diharapkan terbuka ruang untuk tenaga honorer untuk mengikuti seleksi sebagai CPNS maupun PPPK sesuai formasi yang akan ditetapkan,” katanya.

Mengingat, Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebagai tindak lanjut peniadaan tenaga honorer pada 2023.

Baca Juga: Sekolah Induk Jadi Prioritas di PPPK Tahap 3, Simak Berita Popular PPPK Tahap 3

“Untuk seleksi CASN tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini,” kata Menteri Tjahjo.

Keputusan rekrutmen PPPK pada tahun ini telah tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022. Adapun Seleksi CASN 2022 akan difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

Selain kebijakan untuk pelaksanaan Seleksi CASN 2022, pemerintah tengah menyusun kajian sebagai dasar regulasi untuk mengatur kriteria mengenai jabatan yang dapat diisi oleh PNS dan PPPK.

Baca Juga
  1. Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan Ke 6 Tahun 2022 di Buka, Berikut Cara Mendaftar, Jadwal dan Syaratnya di Link Ini
  2. Berapa Gaji Guru Penggerak? Berikut Penjelasannya
  3. Guru Penggerak Angkatan 6 Kembali Dibuka, Berapa Gaji Guru Penggerak? Simak Keuntungan dan Manfaatnya
  4. Download Terbaru SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran 2022 di Masa Pandemi Covid-19 PDF
  5. Pendaftaran Calon Pengajar Praktik Angkatan 6 Dibuka Kembali, Berikut Syarat, Mekanisme, dan Jadwal Seleksinya
  6. Apa itu Kurikulum Prototipe 2022? Berikut Penjelasan Lengkapnya dan Silakan Download Materinya
  7. Download Aplikasi RKAS versi 3.3 Terbaru untuk Pembuatan RKAS & SPJ BOS Tahun 2022
  8. Pendafataran Calon Pengajar Praktik (Reguler) Guru Penggerak Angkatan 6 Mulai 10 Januari- 18 Februari 2022, Begini Cara Daftarnya
  9. Pendaftaran Calon Pengajar Praktik Angkatan 6 Dibuka Kembali, Berikut Syarat, Mekanisme, dan Jadwal Seleksinya
  10. Pendaftaran Fasilitator Angkatan 8  Pendidikan Guru Penggerak Di Buka, Begini Langkah-langkahnya dan Daftar Di Link Ini

“Ke depannya, kebijakan ini akan mengatur mengenai jabatan yang secara spesifik dapat diisi oleh PNS dan PPPK,” kata Tjahjo.

Tidak hanya Menteri Tjahjo, Presiden Joko Widodo pun telah meminta instansi terkait untuk memastikan skema kebijakan PPPK agar dapat diterima semua kalangan dan menjadi salah satu instrumen kebijakan penyelesaian tenaga honorer.

“Dengan skema PPPK, saya tegaskan kepada seluruh instansi pusat dan daerah bahwa rekrutmen tenaga honorer tidak boleh lagi dilakukan dalam bentuk apapun,” kata Jokowi.

Sementara itu, menurut Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho, regulasi PPPK merupakan salah satu aturan teknis dari turunan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang harus segera diterbitkan.

Baca Juga : Kabar Terbaru PPPK Tahap 3, Berikut Hasil Rapat Komisi X DPR RI Tentang Penyelenggaraan PPPK Tahap 3

Sebab, selain menyangkut penyelesaian tenaga honorer, juga mengakomodir aturan bagi mekanisme berbasis merit untuk merekrut para profesional masuk ke dalam birokrasi dengan batas usia pelamar yang lebih fleksibel dibanding CPNS, di antaranya para diaspora dan profesional swasta.

Baca Juga: Tenaga Honorer Dihapus pada 2023, Bagaimana Perbandingan Gaji PNS dan PPPK?

Belum ada Komentar untuk "Kemenpan RB Sebut Penanganan Tenaga Honorer Menjadi CPNS Telah Selesai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel