Alahamduilah Guru Honorer Berusia 54 Tahun: Akhirnya....

 

Setelah menunggu sekian lama, 367 guru honorer di Balikpapan dilantik menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Balai Kota Balikpapan, Rabu petang.

Haru bercampur bahagia terlihat dari raut wajah para guru. “Akhirnya…,” ujar Hamudin, guru di SMP Negeri 1 Balikpapan.


Pria 54 tahun itu menjadi satu dari ratusan guru yang dilantik. Hamudin berkata dirinya sangat sadar, masa pensiun 60 tahun tinggal enam tahun lagi. Karena itu dia berjanji akan memaksimalkan pengabdiannya.

Baca Juga : Media Untuk Pelayanan Latihan Membaca Bahasa Inggris Gratis Di SINI

“Saya bersyukur karena penghasilannya juga bertambah dari sebelumnya,” katanya semringah.

Para guru honorer yang dilantik menjadi PPPK tersebut mengisi penugasan sebagai guru kelas, guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dan guru-guru mata pelajaran di sekolah-sekolah di Balikpapan.


Hamudin bercerita, bahwa dia sudah sejak 1999 menjadi guru honorer. Dia juga pernah ikut tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) namun tak lulus. Namun dirinya tak pernah putus asa untuk ikut tes. 

Hamudin pun yakin harapannya dengan menjadi guru status PPPK kesejahteraan akan lebih baik. Mulai 2019 lampau, honor guru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan adalah Rp 2,7 juta hingga Rp 3 juta.


“Guru honorer tingkat Sekolah Dasar (SD) yang tadinya hanya Rp 1,3 juta naik menjadi Rp 2,7 juta per bulan. Kemudian guru honorer yang sebelumnya Rp 1,8 juta menjadi Rp 2,7 juta per bulan. Anggaran tersebut berasal dari APBD Kota,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin dalam sebuah kesempatan terpisah. 

Jumlah guru honorer yang tercatat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 1.300 orang untuk tingkat SD dan SMP. Mereka direkrut untuk memenuhi kekurangan tenaga guru.

Belum ada Komentar untuk "Alahamduilah Guru Honorer Berusia 54 Tahun: Akhirnya...."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel